Yang Penting Itu adalah Ada Ini

Yang Penting Itu adalah Ada Ini

KALAU pergi berkunjung ke lokasi wisata, lalu duduk berlama-lama fasilitas bersama alias fasilitas umum adalah hal penting keberadaannya. Misalnya fasilitas umum untuk salat bagi seorang muslim. Musalla atau surau. Ini sangatlah penting. Fasilitas umum lainnya tentu juga penting.

Ketika siang hingga petang Ahad (18/08/2024) ini kami dari dua keluarga –keluarga saya dan keluarga mertua– berkesempatan berkunjung ke Pantai Ketam, Kecamatan Tebing kami membuktikan rasa penting itu. Pantai Ketam adalah salah satu destinasi wisata pantai yang ada di Pulau Karimun. Masih ada beberapa pantai lainnya seperti Pantai Pelawan dan lainnya itu.

Hari ini, berangkat dari rumah bakda zuhur, setengah jam berikutnya sudah sampai di pantai. Sudah pasti menjelang asar hanya sebentar saja waktunya. Kurang dari dua jam sejak kami duduk di pondok (pendopo) kecil yang tersusun rapi di sepanjang pantai waktu asar pun sudah masuk. Tidak terasa, duduk sambil ngemil waktu salat itu sudah tiba. Pada saat itulah terasa betapa pentingnya musalla atau surau. Tidak mungkin kembali ke rumah baru melaksanakan salat. Terlalu lama lalainya.

Tidak dapat dipungkiri bahwa musalla atau surau adalah sesuatu yang penting di lokasi seperti ini. Pengunjung tidak mungkin kembali ke rumah masing-masing untuk menunaikan salat wajib, misalnya. Bagi yang datang sejak pagi pasti akan bertemu waktu zuhur. Bagi yang datang bakda zuhur seperti kami, sudah akan bertemu waktu asar. Di sinilah perlunya fasilitas umum semacam surau atay musalla.

Syukurnya di sini sudah tersedia fasilitas ini. Tidak terlalu besar. Mungkin lebarnya hanya kurang-lebih 6 meter, itu sudah lumayan dan cukup bagi pengunjung yang ingin melaksanakan salat. Kalau datang pagi, biasanya akan berjumpa waktu zuhur, bahkan hingga asar juga.

Alhamdulillah, kami tidak perlu khawatir. Musallah ini juga sudah menyediakan air untuk berwudhuk. Alhamdulillah. Yang penting ada fasilitas ini.***

Comments

No comments yet. Why don’t you start the discussion?

    Leave a Reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *