MUI Kabupaten Karimun Laksanakan Sosialisasi Moderasi Beragama di Kundur

MUI Kabupaten Karimun Laksanakan Sosialisasi Moderasi Beragama di Kundur

MENGAMBIL tempat di Aula MTs Negeri Karimun, Tanjungbatu Kundur, Ahad (08/09/2024) dilaksanakan kegiatan Sosialisasi Penguatan Moderasi Beragama Bagi Siswa SLTA se-Pulau Kundur oleh Komisi Kerukunan Umat Beragama (KUB) MUI (Majelis Ulama Indonesia) Kabupaten Karimun. Kegiatan yang diikuti oleh 30 orang siswa SMA dan MA se-Pulau Kundur berjalan lancar dalam satu hari penuh.

Ketua Komisi KUB MUI Kabupaten Karimun, Drs. Tugiatno menjelaskan bahwa tujuan dihelatnya kegiatan ini, selain sebagai pelaksanaan program kerja MUI Kabupaten Karimun tahun 2024 juga dimaksudkan untuk meningkatkan pemahaman moderasi beragama sekaligus mengamalkan ajaran agama secara adil dan berimbang. Dengan begitu diharapkan terhindar dari prilaku menyimpang yang tidak ada diajarkan dalam agama apapun.

“Dengan kegiatan ini diharapkan dapat menghadirkan keharmonisan dalam kehidupan berbagai agama sebagai anak satu bangsa,” tambah Tugiatno. Lebih dari itu, diharapkan pula akan terciptanya Kabupaten Karimun yang aman dan nyaman.

Menyinggung peserta yang ikut dalam kegiatan, ini Ketua Komisi KUB menjelaskan bahwa peserta kegiatan terdiri dari 22 orang Islam, 4 orang Kristen, 1 orang Katholik, 3 orang Budha dan 1 orang dari Khonghucu.
Ketua MUI Kabupaten Karimun, Drs. H. Afrizal dalam pengarahannya saat membuka acara resmi mengatakan bahwa kegiatan ini penting bagi para siswa, generasi muda. Ketua MUI berharap kegiatan ini dapat memberikan pemahaman kepada peserta tentang moderasi beragam.

“Bagaimana mengimplementasikan moderasi beragama dalam bentuk perbuatan nyata di lingkungan sekolah masing-masing,” ujarnya. Kata Ketua Umum MUI, itu lagi bahwa tujuan memberikan pemahaman moderat beragama kepada para siswa adalah agar mereka dapat melaksanakannya di tengah-tengah masyarakat, di tempat mereka berada.

“Diharapkan pula mereka-mereka ini menjadi contoh bagi teman-teman di sekolah dan di tengah-tengah masyarakat,” tambahnya.***

Comments

No comments yet. Why don’t you start the discussion?

    Leave a Reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *