Festival Beduk Semarak Idul Adha 1444 Dibuka Bupati

BERTEMPAT di Pendopo Panggung Rakyat Rumah Dinas Bupati Karimun, Rabu (28/06/2023) malam dilaksanakan Festival Pukul Beduk dan Takbir Semarak Idul Adha 1444/ 2023. Kegiatan yang dilaksanakan melalui Bagian Kesra Setda Kabupaten Karimun dimaksudkan untuk menyambut Idul Adha tahun 1444 bersamaan 2023 yang akan jatuh besoknya. Acara dibuka resmi oleh Bupati Karimun, Dr. H. Aunur Rafiq, S Sos M Si. Pada acara pembukaan tampak juga hadir Wakil Bupati Karimun, H. Anwar Hasyim, M Si dan Sekda Kabupaten Krimun, Dr. H. Muhammad Firmansyah, M Si.

Prosesi acara pembukaan diawali dengan menyanyikan Lagu Indonesia Raya, Mars Karimun dan Solawat Busyro yang diapandu oleh salah staf di Bagian Kesra Setda Kabupaten Karimun. Acara berikutnya dilanjutkan dengan Pembacaan Al-Qur’an yang dilantunkan oleh Nurunnisa Safarani, salah seorang qoriah Kabupaten Karimun. Acara diteruskan dengan pembacaan doa yang dipandu oleh Buya Abd. Wahab Sinambela.
Acara inti dari prosesi acara pembukaan adalah sambutan dan pengarahan oleh Bupati Karimun, Dr. H. Aunur Rafiq, S Sos M Si. Dalam sambutan pengarahannya bupati pertama mengucapkan terima kasih kepada para hadirin untuk menyakmsikan festival ini. Dalam catatan, inilah pertama kali festival pukul beduk dan takbir dilaksanakan dalam rangka menyambut dan memeriahkan Hari Raya Idul Adha. Sebagai kabupaten dengan sebutan Karimun Berazam dengan azam ‘iman dan takwa’ sebagai pondasi awal maka kegiatan keagamaan seperti ini sangatlah penting.

Bupati mengajak seluruh masyarakat untuk terus menjaga persatuan dan kebersamaan di Kabupaten Karimun dan terus pula meningkatkan iman dan takwa dalam kegiatan sehari-hari, khususnya dalam menjalankan agama. Pembangunan akan berjalan dengan baik jika seluruh komponen masyarakat menjaga kekompakan di tengah-tengah masyarakat. Demikian bupati menyampaikan.
Pada kesempatan itu bupati juga menyampaikan rencana kedatangan atau kepulangan jamaah haji Kabupaten Karimun yang insyaallah akan sampai di Batam pada tanggal 4 Juli 2023 nanti. Kita akan menjemput dan menyambut mereka seperti tahun-tahun sebelumnya. Siapa yang diberi amanah untuk menyambut dan menjemput, mari kita laksanakan penyambutan itu dengan sebaik-baiknya. Begitu kurang-lebih bupati menyampaikan.
“Dengan berserah diri kepada Allah dan dengan mengucapkan Bismillahirrohmanirrohiim, Festival Pukul Beduk dan Takbir Semarak Idul Adha 1444 tahun 2023 dengan ini saya buka secara resmi,” kata bupati di akhir sambutannya. Selanjutnya pembukaan ditandai dengan pemukulan lima beduk yang sudah disediakan di atas panggung.***

Comments

No comments yet. Why don’t you start the discussion?

    Leave a Reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *