Bupati di Kundur Wakil Bupati di Karimun Salat Idul Adha 1444

PADA kesempatan ikut rombongan Bupati ke Pulau Kundur, tepatnya di Sawang, Kundur Barat untuk menghadiri undangan pesta nikah anak salah seorang camat, Selasa (27/06/2023) lalu kami juga ikut Pak Rafiq (begitu orang menyapanya) yang menyempatkan berkunjung ke Masjid Hijir Ismail. Dia memastikan sekaligus menjelaskan bahwa untuk Idul Adha tahun 1444 (2023) ini Pemda Karimun akan melaksanakan salat Id di sana. Saat itu pula kami dari rombongan belyau mengetahui rencana tersebut.
Seperti juga dikatakan Pak Kabag Kesra, Ust Baginda Malim Siregar bahwa tahun ini salat Id Pemda Kabupaten Karimun dibagi dua lokasi, di Kundur dan di Karimun seperti biasa. Bupati dan sebagian pejabat utama Pemda akan salat Id di Masjid Hijir Ismail, Islamic Center Tanjungbatu, Kundur dan Wakil Bupati, Pak H. Anwar Hasyim serta sebagian pejabat lainnya akan salat Idul Adha di Karimun, di Masjid Agung Kabupaten Karimun, Poros. Bupati sendiri sekaligus menjadi khatib di Masjid Hijir Ismail, Islamic Center, Tanjungbatu, Kundur. 
Informasi lain yang juga kita ketahui khususnya melalui media bahwa pada Idul Adha tahun ini, Pemkab Karimun akan memberikan 9 ekor sapi untuk hewan kurban yang disebar di beberapa daerah. Program pemberian daging segar kepada masyarakat melalui pelaksanaan pemotongan hewan kurban di momen Idul Adha sudah dilaksanakan sejak beberapa tahu lalu melalui anggaran kegiatan MUI Kabupaten Karimun. Penyerahan hewan kurban pada tahun ini akan diserahkan langsung oleh Bupati, Wakil Bupati dan Sekda Karimun di masing-masing tempat yang sudah ditetapkan.
Meskipun hewan kurbannya dari Pemda, pemotongan dan pengelolaan hewan kurbannya diserahkan kepada masyarakat yang biasanya membentuk panitia pemotongan hewan kurban. Biasanya tidak ditentukan oleh Pemda, tapi masyarakat sendiri yang memotong dan membagi-bagikan kepada masyarakat di sekitar lokasi pemotongan. Sembilan ekor pemberian Pemda Karimun untuk masyarakat itu antara di, 1. Masjid Agung Karimun; 2. Masjid Baiturrahman; 3. Masjid Hijir Ismail; 4. Masjid Darul Jannah; 5. Musholla Al Barkah Telaga Timah Kolong; 6. GEMPAR (Wiryanto SH); 7. Masjid Baitul Karim; 8. Sanglar Durai; dan di 9. Rutan.***

Comments

No comments yet. Why don’t you start the discussion?

    Leave a Reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *